8 Alasan Mengunjungi Belanda

8 Alasan Mengunjungi Belanda

69
0
SHARE
loading...
Rate this post

SELEBUZZ.CO.ID -Mengusung imej melalui slogan “I Amsterdam”, ibukota dan juga negara Belanda, giat berbenah guna menyambut dan melayani wisatawan mancanegara. Terdapat delapan alasan untuk mengunjungi Belanda.

1. Dam Square

Sebagai salah satu alun-alun kota yang paling ramai dikunjungi di muka bumi, Dam Square yang telah hadir sejak 1270, barangkali layak dijadikan awal mula perjalanan Anda di Belanda. Ke mana pun Anda mendaratkan pandangan, yang terlihat adalah rentetan bangunan bersejarah dan beragam atraksi menarik. Di antaranya adalah Royal Palace yang dibangun pada abad ke-17, Monumen Nasional untuk korban Perang Dunia ke-II, Gereja gotik Nieuwe Kerk berusia enam abad, hingga museum Madame Tussaud yang menaungi patung lilin replika dari orang-orang terkenal. Saban hari para seniman jalanan dengan bakat yang terkadang lebih cocok ditampilkan di atas pentas turut menghibur para pendatang.

2. Volendam

Berjarak hanya sekitar 20 kilometer dari Amsterdam, kota kecil bekas pelabuhan ini banjir pengunjung nyaris sepanjang waktu terutama di musim panas. Keistimewaannya adalah suasananya yang tenang dan tata kotanya yang menawan: pemukiman penduduk, restoran, dan jalanan yang memanjang di sisi perairan. Di dermaganya nelayan tampak masih menambatkan beberapa kapal tua, bersanding dengan kapal pesiar milik kalangan berada. Tapi yang membuatnya begitu dikenal adalah pakaian tradisionalnya yang kerap kita temui di kartu-kartu pos, meski kenyataannya warga yang mengenakannya kian hari sudah semakin langka. Di tempat ini, jika berminat, pengunjung juga bisa berfoto dengan kostum serupa.

3. Canal Cruise

Dengan aliran kanal ekstensif yang merambat di penjuru kota laksana sarang laba-laba, salah satu cara terbaik untuk menikmati Amsterdam adalah dengan mengarunginya. Kanal-kanal di Amsterdam sendiri mulai dibangun pada abad ke-17 dan sejak itu pula aktivitas mengarunginya kian populer dari waktu ke waktu. Ada beberapa alasan kuat kenapa banyak orang tertarik melakukannya. Salah satunya adalah pemandangan gedung bersejarah yang ditawarkan. Belakangan, sebagian dari wilayah yang dilalui kanal-kanal ini dinobatkan gelar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Untuk mengarungi sungai buatan ini, pengunjung bisa mengikuti tur dengan kapal berkapasitas besar, atau menyewa sepeda air yang menguras kalori. Salah satu operator yang melayani tur adalah Canal Company.

4. Coster Diamonds

Diprakarsai pada 1840, Coster Diamonds adalah salah satu bengkel kerajinan berlian tertua di dunia yang masih beroperasi. Tangan-tangan cekatan pengrajinnya telah dipercaya memoles dan mengilapkan berlian yang kerap digunakan oleh kalangan atas seperti berlian Koh-I-Noor milik Ratu Inggris. Tur ke tempat ini biasanya dilakukan bersama pemandu yang akan mengajak setiap pengunjung melihat langsung proses pengerjaannya yang rumit dan teliti, kemudian menuju ruang pameran di mana para peminat berlian bisa membelinya langsung dalam berbagai harga dan ukuran, sebelum diakhiri di museum berlian yang dipenuhi beragam pengetahuan mengenai sejarah panjang berlian. Paulus Potterstraat 2-8 1071CZ, Amsterdam, T. +31 20 305 5555

5. AZaanse Schans

Melihat pantainya yang bersih tak heran jika Pantai Scheveningen di Den Haag ini disambangi oleh 9 juta turis tiap tahunnya. Namun mayoritas pengunjung biasanya hanya datang di musim panas. Selebihnya kawasan ini lebih banyak diliputi oleh ketenangan. Selain pantai yang memikat dan pemandangan lepas ke arah Laut Utara, pengunjung juga bisa bernostalgia dengan bungker-bungker dari masa Perang Dunia ke-II yang banyak terdapat di pesisirnya. Saban tahun, festival patung pasir juga diadakan di kawasan ini.

6. Scheveningen Beach

Melihat pantainya yang bersih tak heran jika Pantai Scheveningen di Den Haag ini disambangi oleh 9 juta turis tiap tahunnya. Namun mayoritas pengunjung biasanya hanya datang di musim panas. Selebihnya kawasan ini lebih banyak diliputi oleh ketenangan. Selain pantai yang memikat dan pemandangan lepas ke arah Laut Utara, pengunjung juga bisa bernostalgia dengan bungker-bungker dari masa Perang Dunia ke-II yang banyak terdapat di pesisirnya. Saban tahun, festival patung pasir juga diadakan di kawasan ini.

7. Cycling Amsterdam

Terkenal sebagai ibukota sepeda dunia, mengendarai moda transportasi yang satu ini layak dijajal selama Anda berada di Amsterdam. Statistik menunjukkan jumlah sepeda di kota ini bahkan lebih banyak ketimbang penduduknya, dan lebih dari 60 persen perjalanan di kawasan pusat kota dilakukan di atas sadel. Ini artinya bersepeda adalah cara paling “Belanda” untuk menjelajahi Amsterdam. Untuk melakoninya, Anda tak perlu bersusah payah membawa sepeda sendiri sebab ada banyak penyewaan di penjuru kota. Penting diingat, angka pencurian sepeda juga berbanding lurus dengan popularitasnya. Jadi pastikan Anda selalu menguncinya dengan aman saat parkir.

8. Madurodam

Cocok disambangi jika Anda tak sempat menjelajah keseluruhan negeri Kincir Angin, Madurodam adalah Belanda dalam bentuk miniatur yang kompleks. Dalam skala 1:25 yang presisi, pengunjung akan dibawa menuju Amsterdam, bandara Schiphol, pelabuhan Rotterdam, dan bahkan ke perkebunan bunga tulip. Istimewanya, seluruh keuntungan disumbangkan secara dermawan pada Madurodam Support Fund Society. Karena juga berlokasi di Den Haag, kunjungan ke tempat ini bisa dikombinasikan dengan Pantai Scheveningen.

 

Bagaimana menuju ke 8 tempat tersebut

Dari Bandara Schiphol, tumpangi kereta menuju Amsterdam Central Station untuk memulai perjalanan Anda.

(end)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY