Baru di Dunia Gowes? Cek 7 Tipe Sepeda Sebelum Beli

Baru di Dunia Gowes? Cek 7 Tipe Sepeda Sebelum Beli

222
0
SHARE
loading...
5 (100%) 1 vote

selebuzz.co.id – Dewasa ini semakin banyak orang yang menggemari olahraga bersepeda. Hal ini sangat terlihat pada saat diselenggarakan Car Free Day pada akhir pekan. Selain itu, semakin banyak pula komunitas – komunitas yang mengusung hobi bersepeda. Namun bagaimana dengan para Sobat yang masih bingung untuk memilih tipe sepeda yang diinginkan? Berikut 7 tipe sepeda yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih sesuai dengan keinginan sobat.

1. Sepeda Lipat

Sepeda mungil ini didesain untuk dapat dilipat, sehingga mudah untuk dibawa dan disimpan. Sepeda lipat akan sangat bermanfaat bagi sobat yang butuh untuk bersepeda di kota besar yang macet dan padat kendaraan. Sobat dapat memasang kembali sepeda yang sudah dilipat tersebut dengan mudah dan cepat. Sadel dan posisi setang kemudi dapat diatur dengan mudah. Sepeda ini juga diperbolehkan untuk dibawa dalam kereta komuter.

harga sepeda lipat

2. BMX

Sepeda ini adalah sepeda yang paling terkenal di lingkungan pergaulan anak – anak dan remaja. BMX merupakan singkatan dari Bicycle Motocross (Moto X). Pada awalnya diperuntukkan untuk anak – anak yang menginginkan mengendarai sepeda yang menyerupai motocross. Digunakan untuk beradu kecepatan di lintasan tanah atau offroad. Namun, lambat laun semakin populer di dunia olahraga ekstrim. Hal ini dikarenakan bentuk BMX yang kecil dan ringan sehingga memungkinkan bagi pengendaranya untuk memainkan beragam trik yang keren. Sobat biasanya dapat menjumpai BMX rider yang sedang berlatih di skatepark atau di taman umum.

harga sepeda bmx

3. Fixie atau Fixed Gear

Fixie sempat menjadi trend besar beberapa waktu lalu. Ini disebabkan karena sepeda fixie dapat dimodifikasi secara luas dan beragam. Banyak penghobi fixie yang menjadikan sepeda ini sebagai fashion atau gaya hidup. Pada dasarnya fixie adalah sepeda dengan pergerakan roda yang searah dengan pergerakan pedal, jadi apabila pedal dikayuh ke depan maka roda belakang sepeda akan bergerak maju ke depan. Sebaliknya bila pedal dikayuh ke belakang, maka roda belakang sepeda akan bergerak mundur. Dalam hal ini pedal juga bisa berguna sebagai rem.

harga sepeda fixie
4. Road Bike atau Roadie

Road bike adalah sepeda yang diperuntukkan untuk balapan sepeda di jalan beraspal. Sepeda ini biasa digunakan dalam berbagai macam kompetisi balap sepeda di dunia, seperti Tour de France di Perancis atau Tour de Singkarak di Sumatera. Sepeda ini mengutamakan kecepatan di jalan beraspal, jadi akan sangat tidak nyaman apabila dipergunakan di jalan yang permukaannya tidak halus. Posisi berkendara juga harus membungkuk untuk mendapatkan efek aerodinamis yang optimal saat memacu kecepatan.

harga sepeda balap
5. Mountain Bike atau MTB

Sepeda ini diperuntukkan bagi kalian yang suka berpetualang di alam bebas sob. Dilengkapi dengan peredam kejut di roda depan, sehingga dapat meredam benturan akibat permukaan tanah yang tidak rata. Sobat dapat menggunakan sepeda ini di daerah berbukit seperti pegunungan dan pedesaan. Material yang digunakan untuk sepeda ini sangatlah kuat. Biasanya sepeda MTB menggunakan ban offroad atau semi offroad untuk menunjang performanya di medan yang sulit.

harga sepeda mtb
6. Sepeda Tua / Onthel

Nah kalo ini buat kalian pencinta hal – hal yang klasik. Sepeda tua atau onthel merupakan sepeda berukuran besar yang sering digunakan pada jaman dahulu. Di Indonesia sendiri pada masa kolonial sepeda ini sering digunakan oleh tukang pos dan polisi. Roda sepeda berukuran besar dan posisi duduk serta setang sepeda ini cukup tinggi. Biasanya dilengkapi dengan bel dan lampu dinamo yang digerakkan oleh putaran roda. Sepeda ini dapat digunakan berdua dengan cara berboncengan loh, romantis kan sob?

harga sepeda onthel

7. Sepeda Tandem

Wah, kalau sepeda yang ini cocok banget dikendarai beramai – ramai sama sahabat kita sob! Dijamin pasti seru deh. Tapi harus kompak ya sob, jangan sampai gowesnya gak bersamaan, atau malah ada yang hanya diam saja tidak mau mengayuh. Kasian yang ngayuh sob, bisa pegal-pegal nanti kakinya.

harga sepeda tandem (end)

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY