Cara Membuat Aquascape untuk Mempercantik Rumah

Cara Membuat Aquascape untuk Mempercantik Rumah

178
0
SHARE
loading...
5 (100%) 1 vote

selebuzz.co.id – Aquascape dengan segala tumbuhan dan nuansa kehidupan bawah air yang dimilikinya, mampu membawa kesan segar dan tentram di dalam rumah. Sebab itu, bila memungkinkan, tidak ada salahnya jika Anda menghadirkan hal tersebut di rumah. Dengan hal ini pula, rasa stres yang dialami setelah seharian bekerja akan hilang berkat nuansa tenang yang dihadirkan.

Terlepas dari berbagai manfaat aquascape di atas, sebenarnya bagaimana cara membuat aquatank berisi tumbuhan tersebut? Seperti apa pula teknik aquascaping yang benar agar tanaman yang ditanam bisa tumbuh dan menghiasi aquatank? Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, baiknya simak langkah-langkah membuat aquascape berikut ini.

Menyiapkan akuatank

Untuk melakukan aquascaping dan menghasilkan karya berupa aquascape, langkah pertama yang harus dilakukan tentunya dengan menyiapkan aquatank sebagai wadah. Setelah itu, isi dasar aquatank dengan pasir. Beberapa jenis pasir yang bisa digunakan dalam hal ini antara lain Pasir Malang, Pasir Silika, Pasir Holland dan Pasir bali.

Carbon active

Setelah dasar aquatank rata dengan pasir, jangan lupa sisipkan carbon active di bagian tengahnya. Carbon active ini berfungsi sebagai penyerap zat berbahaya yang terkandung dalam air, yang biasanya timbul saat awal pembuatan aquascape.

Pupuk dasar

Setelah menyelesaikan bagian dasar, langkah berikutnya adalah memberi pupuk dasar sebagai nutrisi tambahan untuk tanaman aquascape. Langkah ini penting dan wajib dilakukan. Sebab, tanaman air yang kekurangan nutrisi akan mudah layu, bahkan mati. Pupuk Dasar adalah pupuk yang di letakkan pada lapisan paling bawah substrate (misal gravel/pasir/tanah).

Kehadiran aquascape mampu membawa nuansa kehidupan bawah air yang segar dan menenangkan ke dalam rumah. Namun sebelum itu, tentunya Anda harus bisa membuat aquascape terlebih dahulu. Caranya, bisa dimulai dengan menyiapkan aquatank sebagai wadah. Lalu, tutup dasar aquatank dengan pasir khusus, carbon active, dan pupuk dasar sebagai nutrisi tumbuhan. Langkah selanjutnya adalah membuat desain, mengisi air, dan menanam tanaman hias. Berikut penjelasannya.

Tidak dipungkiri, kehadiran aquascape memberi efek segar dan tentram di rumah.: Cara Membuat Aquascape untuk Mempercantik Rumah

Membuat desain

Setelah dasar aquatank tertutup pasir dan pupuk sebagai nutrisi tumbuhan, diamkan sejenak. Pekerjaan Anda beralih ke meja atau di depan komputer. Sebab dalam hal ini, Anda harus merancang bentuk dan rupa aquascape sesuai dengan keinginan. Setelahnya, baru lakukan dekorasi terhadap aquatank. Hal ini bisa dilakukan dengan pemberian batu–batu karang indah, bekas ranting pohon, dan berbagai ornamen atau media yang bisa jadi tempat tumbuhnya tanaman.

Mengisi air 

Setelah selesai dekorasi, langkah selanjutnya adalah mengisi aquatank dengan air. Tahapan ini harus benar–benar di perhatikan. Sebab, cara pemberian air yang salah dapat berakibat fatal. Air tidak boleh dituangkan dengan cara langsung karena akan merusak pasir dan menjadikan dasar aquascape yang tadinya sudah ditata rapi dan indah, menjadi sia–sia. Cara yang benar yaitu dengan menuangkan air secara perlahan dan teratur agar tidak merusak pasir di lapisan dasar.

Menanam tanaman hias

Setelah semuanya selesai, langkah selanjutnya yang merupakan langkah terakhir adalah menanamkan tanaman hias dalam aquatank. Tahap ini sebenarnya bisa dilakukan sebelum aquatank diisi air, atau setelah diisi air. Isi aquatank dengan air sampai seperempat bagiannya, setelah itu baru tanam. Pada tahap ini Anda juga harus melakukan penataan peralatan seperti outlet filter, peletakan pencahayaan, letak diffuser Co2, serta peralatan lainnya. Bila tanaman sudah ditanam semuanya baru isi air sampai penuh.

(end)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY