Fika Fawzia, Asisten Pribadi Susi Pudjiastuti

Fika Fawzia, Asisten Pribadi Susi Pudjiastuti

89
0
SHARE
loading...
5 (100%) 1 vote

selebuzz.co.idMenteri Perikanan dan Kelautan Indonesia, Susi Pudjiastuti, terkenal dengan gayanya yang nyentrik, ceplas-ceplos, berani, dan tegas. Boleh jadi tak ada pegawai yang berani membantah atau menolak perintahnya dalam menjalankan tugas kenegaraan. Namun, ada pula sosok tahan banting dan terpercaya yang membantu Menteri Susi menjalankan tugas dengan baik, dia adalah Fika Fawzia. Wanita berparas cantik ini berperan sebagai asisten pribadi Susi Pudjiastuti sejak 2014. Ia terbukti cakap dalam menuntaskan segala macam pekerjaan di Kementerian Perikanan dan Kelautan. Fika Fawzia awet bekerja sebagai tangan kanan Menteri Susi.

Fika Fawzia merupakan alumnus SMAN 70 Jakarta angkatan 2004. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Wanita berhidung mancung itu mempertajam ilmu akademisnya dengan melanjutkan kuliah S2 di Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapore dan lulus tahun 2012.

Berdasarkan catatan, ia pernah bekerja di UKP4 Unit Kerja Presiden. Fika juga pernah bergabung dalam sebuah proyek penelitian bersama Center for Electoral Reform (CETRO) dan Indonesian Center for Hukum Lingkungan (ICEL).

Sepak terjang Fika selama mendampingi Susi Pudjiastuti rupanya tak luput dari perhatian wartawan. Selain cantik, ia juga rajin mengikuti perkembangan peta politik dan hukum di tanah air. Buah pikirannya ia tuangkan dalam blog pribadi dan akun Instagram miliknya.

Hobi menulis

Sama seperti Menteri Susi, Fika Fawzia juga terkenal kritis. Ia juga peduli terhadap isu terhangat di tanah air yang tengah bergulir.  Fika sering menuangkan isi hati baik itu kegelisahan, kritik, maupun kebahagiaan dalam blog pribadinya, fikafawzia.wordpress.com.

Sebagian besar artikel blog ia tulis dalam Bahasa Inggris. Ia mulai menjadi blogger pada 2010. Artikel pertamanya diberi judul Loveconomics. Tulisan singkat itu diterbitkan pada 14 Oktober 2010. Seiring kesibukan Fika yang super padat di Kementerian Kelautan dan Perikanan, ia mulai jarang mengisi blog. berdasarkan pantauan Health-Liputan6.com, tulisan terbaru Fika diterbitkan pada 22 Juli 2017 dan diberi judul The Wedding-Panic Benchmark.

Beken di Instagram

Seiring berjalannya waktu, warganet mulai tahu siapa figur cantik yang selalu setia menemani Menteri Susi itu. Apalagi banyak foto Fika yang sedang berdua dan akrab dengan “Boss”, panggilan akrab Fika ke Menteri Susi. Ia kerap blusukan bersama “Boss” ke beberapa perairan Indonesia untuk melihat kondisi para nelayan. Setelah jarang ngeblog, Fika lebih banyak menumpahkan gagasan dan ceritanya melalui Instagram.  Jumlah followers di Instagram Fika terus berkembang pesat. Saat ini akun @ffawzia07 telah meroket ke angka 40 ribu pengikut. Sekali posting foto, bisa ribuan orang yang nge-loves. Pertama kali ia mengunggah foto ke Instagram pada 24 Juli 2013. Saat itu yang memberi tanda love ke fotonya hanya 56 orang. Belakangan, foto yang ia unggah bisa disukai lebih 4.000 orang.

Pintar nyanyi dan suka main musik

Sosok asisten pribadi Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia ini beberapa kali mengunggah foto tengah ngeband dan memegang instrumen musik. Dari caption foto, Fika terlihat menyukai berbagai genre musik seperti classic rock, jazz fusion, dan banyak lagi. Unggahan foto tanggal 22 Juli 2014, memperlihatkan dirinya tengah nyanyi bersama bandnya di Hard Rock Cafe Jakarta. Salah satu lagu yang ia jadikan favorit dan dibawakan saat itu adalah hits milik Alanis Morissette berjudul “Hand in My Pocket”.

Biasanya saya tidak memasukkan foto diri saya di Instagram, tapi malam ini membuat saya mengingat saat-saat indah bersama band saya,” papar Fika dalam caption foto.

Wanita yang juga pakar hukum ini juga pernah berandai-andai kalau ia bakal nyemplung ke industri musik.

Tidak, tidak juga, tapi siapa tahu,” lontar Fika pada unggahan foto tertanggal 16 Oktober 2014.

Masih Jomblo?

Wanita yang hobi traveling ini ternyata masih jomblo, lho. Menurut penuturan Fika pada sebuah acara talk show yang dipandu oleh Glenn Fredly dan Tompi, ia menuturkan bahwa Susi Pudjiastuti pernah ingin menjodohkan dirinya dengan aktor Nicholas Saputra.

Foto Instagram lainnya menguatkan dugaan bahwa Fika Fawzia masih sendiri. Kode keras itu terlihat pada foto yang ia unggah di Instagram pada setahun lalu, tepatnya 6 Maret 2017. Dalam keterangan foto, ia mengisahkan partisipasinya dalam @womensmarchjkt pada 4 Maret 2017 di Sarinah, Jakarta Pusat.

Ide sign saya dari @ajkamaratih. Banyak signs lainnya yang menarik dari orang-orang yang saya jumpai di sana. I di sini karena saya percaya pada persamaan dan kebutuhan untuk melawan diskriminasi gender,” terangnya pada caption.

Nah, di foto tersebut Fika memegang sebuah kertas dengan tulisan bernada kode keras. “Bosan Ditanya, ‘Kapan Kawin?’.”

Berbakat menjadi model

Selain hobi bermusik, ternyata Fika Fawzia juga menyimpan talenta terpendam yaitu menjadi model. Ia beberapa kali mengunggah foto dirinya mejeng di sebuah majalah fashion ibukota. Fotografer sama fashion stylist nya memang pintar mencari model yang pas.

Cantiknya seperti puteri keraton Solo

Pada unggahan tanggal 20 September 2017, penampilan Fika bikin pangling. Ia memperlihatkan dirinya sedang memakai sanggul cunduk penyu. Ini outfit special edition, karena Fika bersama Menteri Susi menghadiri kirab di Solo.

“Saya jarang memakai riasan, jadi ketika saya diminta menemani Boss untuk menghadiri Kirab yang bertempat di Istana Mangkunegaran, Saya sempat sedikit terserang serangan jantung, karena kami harus mematuhi kode pakaian yang secara khusus mengatakan, ‘sanggul cunduk penyu’,” tulis Fika.

(end)

 

 

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY