Hancurkan Lemak Perut dengan Lima Makanan Terbaik

Hancurkan Lemak Perut dengan Lima Makanan Terbaik

50
0
SHARE
loading...
Rate this post

SELEBUZZ.CO.ID – Banyak orang mengeluh bahwa menghancurkan lemak perut adalah hal tersulit ketika tengah melakukan program penurunan berat badan. Apalagi jika program penurunan berat badan dilakukan di usia yang tidak lagi muda, maka bisa jadi tingkat kesulitannya bertambah berkali-kali lipat. Mengapa bisa begitu?

Mengutip dari laman Daily Mail, salah satu penyebab utama sulitnya melenyapkan lemak perut adalah karena di area perut terdapat reseptor adrenergik beta 2 yang lebih rendah dari bagian tubuh lainnya. Sejatinya reseptor ini merupakan tumpukan lapis fosfolipid yang membentuk membran luar, termasuk liposites (sel-sel lemak) guna membebaskan lemak sebagai bahan bakar yang disalurkan melalui saluran darah. Namun, karena reseptor terkait berjumlah sedikit di lemak perut, alhasil lemak yang dibebaskan pun tidak bisa maksimal. Akibatnya terjadi anomali yang membuat lemak tertahan di area perut, khususnya di area lapisan luar organ pencernaan dalam yang sulit untuk dibakar sebagai energi.
Jangan panik! Melakukan program pembakaran lemak yang ketat bukanlah hal yang menakutkan. Anda masih bisa menyantap makanan enak tanpa khawatir lemak perut Anda betah hinggap berlama-lama. Tidak percaya? Berikut adalah lima di antaranya.

1. Popcorn

Kaget membacanya? Kami juga. Faktanya jagung termasuk ke dalam kelompok biji-bijian utuh yang sehat, seperti halnya beras merah dan gandum utuh. Kelompok biji-bijian utuh ini membutuhkan proses cerna yang bertahap dan lamban, sehingga karbohidrat kompleks di dalamnya mampu memberi rasa kenyang lebih lama. Namun ingat, jangan menambahkan garam, gula, atau mentega pada popcorn, karena akan sia-sia hasilnya.

2. Kentang dingin

Salah satu pengganti nasi yang paling bagus adalah kentang rebus. Namun, hindari memakannya saat panas karena indeks glikemik (GI) di dalamnya sangat tinggi. Namun jika Anda menyantapnya saat dingin, justru kadar GI yang dikandungnya lebih rendah. Sebagai informasi, makanan dengan kadar GI tinggi berisiko sebabkan glukosa di dalam darah meningkat. Kondisi inilah yang menjadi salah satu penyebab utama mengapa kita mudah lapar dan berkeinginan makan terus menerus.

3. Biji-bijian

Sejatinya lemak adalah nutrisi yang penting bagi tubuh, namun perlu diperhatikan dengan seksama jenis-jenisnya karena justru kita lebih banyak mengonsumsi lemak jahat dibandingkan lemak baik. Lemak yang sehat, biasanya terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Kandungan asam lemak tak jenuhnya mencegah obesitas, penumpukan lemak jahat serta penambahan berat badan berlebihan.

4. Teh

Sejak dulu, teh dikenal sebagai minuman kesehatan yang efektif merampingkan tubuh. Menurut sejumlah penelitian, sel lemak menyerap 70% lebih sedikit asupan lemak berkat konsumsi teh putih. Singkatnya, teh bisa menghancurkan lemak yang tersimpan dalam sel-sel lemak. Mengonsumsi satu cangkir teh hijau/ putih  sebanyak 5 kali sehari, bisa bantu luruhkan lemak di dalam tubuh.

5. Pir

Buah ini mengandung catechin dan flavonoid yang merupakan dua antioksidan penting untuk meluruhkan lemak di dalam tubuh. Selain itu, buah pir juga dikenal kaya akan serat serta rendak kalori, sehingga sangat baik bagi lancarnya sistem pencernaan. Banyak ahli gizi menyarankan untuk menyantap pir sesaat sebelum makan besar guna mendapatkan manfaat sehatnya secara maksimal.

(end)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY