Indonesia Didaulat Negara Paling Optimistis di Dunia

Indonesia Didaulat Negara Paling Optimistis di Dunia

42
2
SHARE
loading...
5 (100%) 1 vote

selebuzz.co.id – Survei yang digelar Gallup International di 55 negara menempatkan Indonesia di urutan teratas dalam Indeks Optimisme. Kebanyakan meyakini tahun 2018 akan lebih baik ketimbang tahun sebelumnya.

Siapa nyana di dunia yang secara umum semakin pesimistik, Indonesia justru berada di urutan teratas dalam daftar negara paling optimistis menurut survey akhir tahun Gallup International. Jajak pendapat yang digelar di 55 negara itu juga menempatkan Indonesia di urutan 8 indeks kebahagiaan, di bawah Papua Nugini, Vietnam dan Filipina.

Setiap tahun Gallup menggelar survey global dengan tiga indikator, yakni harapan, optimisme di bidang ekonomi dan kebahagiaan. Tahun ini Indonesia mendapat status negara paling optimis di dunia.

Responden antara lain ditanya mengenai apakah tahun 2018 akan lebih baik atau lebih buruk ketimbang tahun lalu. Sebanyak 73% menjawab lebih baik dan hanya 6% yang meyakini tahun ini akan lebih buruk ketimbang sebelumnya. Hasil tersebut menempatkan Indonesia di urutan satu dalam Indeks Harapan dengan skor 67.

Sementara dalam Indeks Optimisme Ekonomi, Indonesia menempati ranking ketiga dari 55 negara dengan 63% responden meyakini tahun ini perekonomian nasional akan melonjak dan menciptakan kemakmuran.

Sedangkan 73% mengaku bahagia dalam hidup, jauh lebih baik ketimbang Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Jepang.

Namun secara umum dunia merasa lebih pesimistis ketimbang tahun lalu. Hanya 40% responden mengaku tahun ini akan menjadi lebih baik. Angka tersebut berkurang dari sebelumnya 53% tahun lalu. Sebaliknya dalam hal optimisme ekonomi, cuma 28% meyakini 2018 menjanjikan lebih banyak kemakmuran ketimbang 2017.

(end)

Facebook Comments

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY