Kapolri & Istri Terpilih Pakai Baju Adat Terbaik & Dapat Sepeda

Kapolri & Istri Terpilih Pakai Baju Adat Terbaik & Dapat Sepeda

59
0
SHARE
loading...
Rate this post

SELEBUZZ.CO.ID – Ada hal yang berbeda dalam perayaan Hari Kemerdekaan RI di Istana Negara, Kamis (17/8). Para tamu undangan, pejabat negara, dan tamu VVIP diminta menggunakan baju adat dari Indonesia. Konsep kebhinekaan (beragam) ini diusulkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mendapat sambutan hangat.

Pasalnya, para tamu tampil dengan aneka baju adat khas Indonesia yang meriah. Mulai dari warna, bentuk, hingga detailnya yang unik. Tak disangka, di akhir upacara pengibaran bendera, Presiden Jokowi mengumumkan lima pasangan dengan baju adat terbaik.

Kelima orang itu yakni Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Hamonangan Laoly dengan pakaian adat Nias; Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang yang menggunakan pakaian adat Minang; Asisten Ajudan Presiden Syarif Muhammad Fidriansyah dengan pakaian adat Dayak, Kalimantan Barat.

Dua orang lainnya adalah istri Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Tri Suswati, yang mengenakan pakaian adat Papua; dan istri Wakil Ketua MPR Mahyudin, Agati Suli menggunakan baju adat Dayak.

Saat nama Ibu Tito Karnavian disebut, para tamu undangan bertepuk tangan. Diikuti kemudian oleh sang empunya yang tersenyum malu-malu dipanggil ke atas panggung.

“Saya telah menyiapkan lima sepeda,” ujar Jokowi yang langsung disambut tawa dan tepuk tangan hadiri.

Yasonna Laoly sebagai salah satu pemenang sempat menjabarkan baju adat yang dikenakannya. “Sebetulnya baju perang ini. Sebetulnya lengkapnya ini, ada pedang di sini, ada tombak, ada namanya Baluse. Suatu kehormatan besar saya bisa memakai kebesaran adat Nias dan dapat penghargaan dari Presiden sebagai busana adat terbaik pada kesempatan ini. Ini kehormatan besar buat saya,” ucapnya sambil tersenyum.

Sementara itu Oesman Sapta Odang mengaku terkejut meraih salah satu pemenang kostum terbaik. “Saya enggak nyangka, bakalan dapet ini. Tapi ternyata memang saya lebih gagah dari yang lain semua,” candanya.

Video lengkapnya lihat di sini ya !

(end)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY