Nasi Merah Lebih Baik dari Nasi Putih

Nasi Merah Lebih Baik dari Nasi Putih

37
0
SHARE
loading...
Rate this post

SELEBUZZ.CO.ID – Sering kali kita dipusingkan dengan anjuran untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah. Selain karena belum terbiasa, nasi merah memang terasa lebih kasar dibanding nasi putih. Tapi, di balik itu, anjuran mengonsumsi nasi merah memang beralasan.

“Kenapa nasi merah lebih baik? Karena kulit yang menempel dalam butiran berasnya membuat kita mengunyah lebih lama – juga saat di pencernaan. Itu membuatnya membutuhkan waktu lama diserap tubuh saat masuk ke sistem pencernaan. Sementara nasi putih, selesai dikunyah, begitu masuk ke sistem pencernaan langsung bisa diserap ke seluruh tubuh sehinggal meningkatkan gula darah dengan cepat namun akan turun pula secara drastis,” kata dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt, ahli nutrisi bersertifikat dan praktisi di Klinik Light-House, Kebayoran, Jakarta.

Tak hanya itu, meski tidak signifikan, perbedaan indeks glikemik keduanya berpengaruh pada lonjakan gula darah. Nasi merah memiliki IG 50, lebih rendah daripada nasi putih yang mempunyai IG 89.

“Makanan berindeks glikemik rendah itu adalah yang indeks glikemiknya di bawah 55. Untuk klasifikasi medium berkisar di angka 56-69. Sementara untuk makanan dengan indeks glikemik tinggi di atas 70, contohnya tepung beras, semangka, dan roti putih,” urai dr. Grace

Indeks glikemik adalah ukuran yang menunjukkan seberapa cepat atau lambat sebuah makanan dicerna oleh tubuh. Logikanya, makanan yang lambat dicerna merupakan pilihan yang baik karena melepas energi secara bertahap dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Dengan demikian gula darah Anda relatif akan lebih stabil. Bila makanan di dalam tubuh habis, gula darah akan turun dan bila gula darah turun kemoreseptor akan memberi sinyal lapar ke otak.

(end)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY