Ragam Menu Sarapan di Kepulauan Anambas

Ragam Menu Sarapan di Kepulauan Anambas

60
0
SHARE
loading...
5 (100%) 1 vote

selebuzz.co.id Nama Kabupaten Kepulauan Anambas yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau tiba-tiba ramai dibicarakan. Hal itu terjadi karena salah satu pulau di kawasan ini, yakni Pulau Bawah, mendapat predikat Pulau Tropis Terindah se-Asia dari CNN. Kabupaten ini memang merupakan kepulauan. Jumlah pulaunya sekitar 250 buah, dan wisata bahari menjadi unggulannya. Tak heran, dengan kondisi geografis seperti itu, kuliner Anambas didominasi oleh bahan utama dari ikan. Bahkan menu sarapannya pun bertabur ikan. Untuk mencicipi aneka menu itu tak sulit, karena kedai kopi dan warung makan berjajar tak jauh dari Dermaga Tarempa. Bahkan kedai biasanya buka mulai pukul 04.30.

1.Mi Tarempa

Tarempa tak lain adalah ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas, yang berada di Pulau Siantan. Kota kecamatan ini memang terkenal dengan olahan mi.

Karena rasa lezatnya, kedai mi Tarempa melanglang hingga ke kota-kota lain. Selain di Batam dan Tanjungpinang, di Jakarta pun Mi Tarempa juga unjuk gigi. Pemilik Rumah Makan Selekta di Dermaga Tarempa menyebutkan pemilik rumah makan Mi Tarempa di Batam dan Jakarta masih keluarganya.

Awi, 81 tahun, merupakan generasi keempat yang menjalankan usaha RM Selekta–kedai kopi dengan suguhan khas mi Tarempa. Dulu, mi kuning yang menjadi bahan utama malahan dibuatnya sendiri. Sejak 3 tahun lalu, ia memilih membeli mi kuning di pasar.

Mi dengan irisan ikan tongkol dan sawi ini bisa diolah dalam keadaan basah maupun kering, tergantung selera. Harga tergantung campurannya. Bila dengan ikan tongkol harganya sekitar Rp 15 ribu saja. Dan kalau tambah telur, dibandrol Rp 17 ribu.

Sedangkan apabila memesan menu lengkap, yakni ditambahi ikan, telur, dan ayam, harganya menjadi Rp 20 ribu. Kehadiran ikan tongkol, membuat sajian mi terasa gurih.

Di kedai ini, selain mi tarempa juga dijual gado-gado.

2.Nasi Dagang

Ini sejenis nasi bungkus, sekilas mirip nasi lemak yang banyak di Batam atau wilayah Kepri lain. Isinya tak lain adalah “nasi kucing” plus tongkol kuah pedas. Menu ini adalah salah satu pilihan untuk sarapan anda.

Nasi dagang bisa ditemukan di berbagai warung maupun kedai kopi di Tarempa. Harga per porsinya di kisaran Rp 3.000.

3.Luti Gendang

Inilah sejenis roti goreng yang juga banyak diburu untuk sarapan. Bagi para wisatawan luti gendang pun kerap dibawa sebagai oleh-oleh dari Tarempa. Bagian dalam roti berbentuk lonjong ini terdapat abon ikan yang rasanya memang sedap.

Jika dijadikan sarapan, tentunya tak cukup satu buah. Biasanya baru terasa “nendang” setelah menghabiskan 3 biji. Sajian ini dengan mudah ditemukan di berbagai kedai kopi atau warung makan di pagi hari.

4.Kwetiau sagu

Saya temukan suguhan ini di Kedai Kopi Murai yang berada di Jalan Hang Tuah, Tarempa. Di kedai ini, tersedia aneka menu sarapan, dari asin hingga yang manis. Ingat, jangan datang terlalu siang, sebagian sajian biasanya sudah habis.

Bagi penggemar kwetiau, silakan mencicip kwetiau sagu kuah ikan. Warna menu ini abu-abu dengan guyuran kuah merah. Aroma ikannya lumayan kuat. Sarapan ini umumnya dipatok di bawah Rp 5.000.

5.Bingka Bakar

Bila senang sajian manis sebagai teman minum kopi, maka pilihannya bisa berupa kue bingka bakar. Ini kue khas yang ada di seputar Kepri.

Di Kedai Kopi Murai yang tak jauh dari dermaga Tarempa bisa ditemukan bingka pandan dan cokelat. Rasa kue yang berbahan tepung terigu, telur, dan santan ini terasa gurih.

(end)

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY