Tips Memilih Tempat Penukaran Uang dengan Nilai Tukar Terbaik

Tips Memilih Tempat Penukaran Uang dengan Nilai Tukar Terbaik

36
0
SHARE
loading...
Rate this post

SELEBUZZ.CO.ID – Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan sebelum liburan ke luar negeri adalah menukarkan uang Rupiah ke mata uang negara tujuan. Ada beberapa tempat yang bisa dituju, seperti money changer, bank, bandara, hotel, ataupun mengambil uang langsung di ATM di negara tujuan. Biasanya, yang membedakan tempat-tempat penukaran uang ini adalah nilai tukarnya. Ada yang memberikan nilai tukar yang lebih tinggi, ada juga yang memberikan nilai tukar lebih rendah. Di mana sebaiknya Anda menukarkan uang Anda? Skyscanner berikan tipsnya untuk Anda.

1. Menukarkan Uang di Money Changer

Ini adalah “tempat favorit” untuk menukarkan uang, baik di negara asal maupun di negara tujuan. Salah satu alasannya adalah money changer sangat mudah ditemukan; di pinggir jalan, di berbagai pusat bisnis dan pusat perbelanjaan, maupun di bandara. Selain itu, biasanya money changer memiliki nilai tukar yang cukup baik.

Pastikan Anda menukarkan uang di Authorized Money Changer atau tempat penukaran uang berizin yang lebih terpercaya, aman, dan juga memiliki nilai tukar yang lebih baik. Berhati-hatilah ketika menukarkan uang di money changer tidak resmi, karena Anda memiliki resiko sangat besar untuk mendapatkan uang palsu, uang rusak, atau malah tertipu. Perhatikanlah Authorized Money Changer yang memasang stiker PVA Berizin (Pedagang Valuta Asing Berizin) yang diberikan oleh Bank Indonesia.

Money changer biasa ditemukan di daerah ramai wisatawan

Namun, money changer tidak selalu menjadi tempat penukaran uang dengan nilai tukar terbaik, terutama ketika negara yang menjadi tujuan Anda adalah negara yang tidak begitu populer bagi wisatawan Indonesia, seperti Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan India. Semakin sulit suatu mata uang ditemukan di Indonesia, maka nilai tukarnya menjadi lebih tinggi dari yang seharusnya. Ketika ini terjadi, lebih baik Anda menukarkan uang Anda ke Dollar Amerika (USD) atau Euro terlebih dahulu, baru kemudian menukarkan uang USD/EUR itu di money changer di negara tujuan untuk mendapatkan nilai tukar yang lebih baik.

2. Menukarkan Uang di Bank

Tempat penukaran uang dengan exchange rate yang baik selanjutnya adalah bank. Akan tetapi Anda disarankan untuk menukarkan uang di bank negara asal ketimbang di negara tujuan, karena bank di negara asal biasanya memberikan nilai beli yang lebih baik terhadap Rupiah ketimbang di negara tujuan. Selain itu, sebaiknya Anda menukarkan uang di bank pada hari Senin atau Selasa, saat pasar baru dibuka, supaya Anda mendapatkan harga yang lebih baik.

Mengambil uang di ATM negara tujuan menggunakan kartu kredit atau debit berstandar internasional juga bisa dilakukan

3. Menukarkan Uang di Bandara

Menukarkan uang di bandara juga bisa menjadi pilihan. Namun perlu kami beritahukan bahwa biasanya, nilai tukar di bandara tidak sebaik nilai tukar di money changer maupun bank – terutama di bandara negara asal. Anda bisa kehilangan hingga 20% dari nilai uang yang ingin Anda tukarkan. Sementara itu, nilai tukar di bandara negara tujuan bisa jadi lebih baik, tergantung mata uang negara mana yang ingin Anda tukarkan.

Jika Anda belum menukarkan uang hingga waktu keberangkatan tiba, maka saran kami tukarkan uang Anda ketika tiba di negara tujuan. Namun pastikan agar Anda membawa mata uang yang lebih umum seperti USD atau Euro, agar Anda bisa mendapatkan nilai tukar yang lebih baik.

4. Menarik Uang Tunai Lewat ATM di Negara Tujuan

Mengambil uang secara langsung di ATM negara tujuan juga menjadi pilihan dalam keadaan terdesak, misalnya ketika uang Anda sudah habis atau Anda belum sempat menukarkan uang di negara asal. Anda bisa menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit berjaringan internasional, seperti Cirrus, VISA, Mastercard, Maestro, dan Plus.

Selain rate yang cukup baik, biaya administrasi untuk penarikan uang antar negara juga tidak terlalu besar, biasanya hanya sekitar Rp25.000 per sekali tarikan dengan kartu debit. Sementara untuk kartu kredit, selain perbedaan nilai tukar dan biaya administrasi ATM, Anda akan dikenakan biaya ekstra atas penarikan uang tunai via kartu kredit sebesar 2%-4% dari total uang yang Anda tarik.

Dolar Amerika Serikat adalah salah satu mata uang paling aman untuk dibawa ke negara mana pun untuk ditukarkan

Setelah membaca tips di atas, kini Anda tahu di mana tempat terbaik untuk menukarkan uang. Sebelum menukarkan uang, tentunya tentukan dulu negara berikutnya yang ingin Anda tuju.

(end)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY