WiFi Starbucks Dipakai Hacker untuk Menambang Bitcoin

WiFi Starbucks Dipakai Hacker untuk Menambang Bitcoin

32
0
SHARE
Didn't work, but I picked up the free wifi next door.
loading...
5 (100%) 1 vote
selebuzz.co.id – Menikmati secangkir kopi sembari menggunakan WiFi gratis di gerai Starbucks bisa jadi merupakan hobi banyak orang.
Sayangnya kamu patut berhati-hati, pasalnya sebuah gerai Starbucks di Buenos Aires, Argentina, bisa jadi tempat yang berbahaya untuk nongkrong.

Mengutip laman The Inquirer, Minggu (17/12/2017), WiFi di gerai Starbucks tersebut ternyata diretas oleh hacker dan digunakan untuk menambang mata uang cryptocurrency.

Seorang pelanggan Starbucks yang mengunjungi gerai tersebut, Noah Dinkin menemukan bahwa laptopnya telah terserang malware setelah terhubung dengan WiFi gratisan itu.

Belakangan baru terdeteksi kalau hotspot di tempat itu telah dibajak dan diinfeksi malware yang memungkinkan perangkat tanpa diketahui menambang Bitcoin saat terhubung dengan internet.

Setelah diprotes, Starbucks akhirnya meminta penyedia WiFi untuk membersihkan malware tersebut dari jaringan mereka.

“Segera setelah kami mendapatkan informasi terkait salah satu gerai kami, kami langsung meminta pihak ketiga penyedia WiFi untuk membereskan masalah ini, sehingga jaringan WiFi di gerai kami telah aman,” tutur juru bicara Starbucks kepada BBC.

Selalu Hati-Hati saat Pakai WiFi Publik

BBC dalam laporannya mengatakan, seorang ahli menyebut, upaya semacam ini membuat WiFi publik menjadi lebih berbahaya dan berisiko.

“Selalu berhati-hati saat terhubung dengan WiFi yang tidak trusted, WiFi publik bersifat untrusted, bahkan saat WiFi tersebut disediakan oleh sebuah merek ternama,” tutur ahli keamanan Secureworks Don Smith.

Sayangnya, tidak diketahui berapa lama malware tersebut telah bersarang di jaringan WiFi gerai Starbucks di Buenos Aires tersebut. Tak diketahui juga berapa banyak pelanggan Starbucks yang sudah jadi korban aksi hacker licik itu.

(end)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY